Bekerjasama Dengan TVRI, Kemdikbud Luncurkan Program 'Belajar Dari Rumah' - Kota Gandrung

Sunday, April 12, 2020

Bekerjasama Dengan TVRI, Kemdikbud Luncurkan Program 'Belajar Dari Rumah'

program-belajar-dari-rumah

Perlu diingat bagi dulur yang putra-putrinya saat ini belajarnya di rumah karena wabah Covid-19, bahwa mulai hari senin besok (13/04/2020) bisa belajar melalui siaran Televisi Republik Indonesia (TVRI). Tayangan ini merupakan program dari Kementrian Pendidikan dan  Kebudayaan.

Tak hanya untuk para siswa dan guru saja, program ini juga diperuntukkan kepada orang tua sebagai alternatif kegiatan belajar di rumah.

Dari pukul 08.00 WIB akan diisi dengan berbagai tayangan edukasi mulai jenjang PAUD hingga SMA/SMK. Serta program Pengasuhan dan Bimbingan Anak untuk para guru dan orang tua.

Dan pada hari Sabtu dan Minggu akan diisi dengan Tayangan Kebudayaan dan Film Indonesia Terbaik. Program ini akan berlangsung selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juli 2020.

Tujuan Tayangan Program Belajar Dari Rumah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyadari bahwa tidak semua daerah didukung oleh internet. Oleh karena itu selain berkerjasama dengan online learning milik swasta juga bekerjasama dengan TVRI agar dapat menjangkau semuanya.

Pak Mentri juga mengatakan bahwa di masa yang sangat sulit seperti ini ada berbagai macam cara untuk belajar di rumah. Salah satunya dengan memanfaatkan media televisi. Karena itulah akhirnya program Belajar dari Rumah ini diluncurkan.

Dengan program ini semoga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Baik di daerah terdepan, terluar, maupun tertinggal yang akses internet dan ekonominya terbatas.

TVRI merupakan saluran yang bisa dinikmati semua kalangan. Baik masyarakat di kota maupun di desa. Sehingga dapat membantu pembelajaran dari rumah selama pandemi Covid-19.

Program ini merupakan jawaban atas komplain masyarakat di daerah yang tidak memiliki akses internet serta saran dari Komisi X DPR.

Materi Program Belajar Dari Rumah

Konten edukasi pada program Belajar dari Rumah ini nanti akan fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter.

Di samping itu, juga akan dilakukan monitoring dan evaluasi bersama lembaga pemerintah yang independen untuk menilai sejauh mana manfaat program Belajar dari Rumah. Apakah benar-benar akan bermanfaat bagi masyarakat.

Pak Mentri juga mengatakan, dengan bergotong-rotong maka fasilitasi anak bangsa untuk mendapatkan akses pendidikan akan terpenuhi.

Karena itu Pak Mentri sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang berada di Indonesia maupun mancanegara.  Dalam membuat konten edukatif, edutainment, atau platform teknologi.

Dalam konferensi video yang sama, Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menjelaskan lebih detail mengenai program Belajar dari Rumah di TVRI.

Beliau juga mengatakan bahwa jadwal mulai hari Senin sampai Jumat akan digunakan untuk pembelajaran. Dengan total semua tayangan berdurasi tiga jam setiap hari.

Jadi masing-masing tingkatan mempunyai waktu setengah jam. Setengah jam untuk PAUD, setengah jam lagi untuk kelas 1 hingga kelas 3 SD, setengah jam untuk kelas 4 sampai kelas 6 SD, dan setengah jam masing-masing untuk SMP, SMA, dan parenting.

Materi program akan diambil dari berbagai sumber. Yaitu konten edukasi yang sudah ada, seperti dari TV Edukasi atau produksi konten unit kerja lain. Dan sumber materi dari luar Kemendikbud, yakni Jalan Sesama untuk jenjang PAUD.

Khusus pada hari Sabtu dan Minggu, program kebudayaan, seperti gelar wicara (talkshow), podcast, kesenian, dan perkembangan budaya dari seluruh Indonesia akan ditayangkan dengan durasi 3 jam.

Sedangkan di malam hari akan ditayangkan film Indonesia pilihan dari berbagai genre. Mulai dari film anak, drama, dan dokumenter. Kemendikbud juga akan menyiapkan 720 episode untuk penayangan program Belajar dari Rumah selama 90 hari di TVRI.

Jadi jangan sampai lupa ya, dulur! Mulai besok bimbing putra-putrinya untuk menyimak materi-materi yang akan ditayangkan di TVRI selama pandemi Covid-19.

Jadwal Program Tayangan Belajar Dari Rumah

Hari Senin - Jumat
08.00 - 08.30 WIB  |  PAUD
08.30 - 09.00 WIB  |  SD Kelas 1-3

10.00 - 10.30 WIB  |  SD Kelas 4-6
10.30 - 11.00 WIB  |  SMP

14.00 - 14.30 WIB  |  SMA/SMK
14.00 - 15.00 WIB  |  Pengasuhan & Pendidikan Anak

19.00 - 23.30 WIB  |  Film Indonesia Terbaik

Sabtu & Minggu
08.00 - 23.30 WIB  |  Kebudayaan & Film Indonesia Terbaik


Sumber : kemdikbud.go.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda