Majestic Banyuwangi Festival 2020 Dengan 123 Events Spektakuler - Kota Gandrung

Wednesday, January 15, 2020

Majestic Banyuwangi Festival 2020 Dengan 123 Events Spektakuler

jadwal-banyuwangi-festival-2020

Event Banyuwangi Festival telah berjalan dengan sukses dari tahun ke tahun. Dan di tahun 2020 ini pun Pemkab Banyuwangi ingin mengulang kesuksesan tersebut dengan menyiapkan agenda yang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan untuk agenda festival tahun ini terdapat 30 event yang benar-benar baru.

Bertambahnya jumlah event yang digelar menunjukkan bahwa Pemkab Banyuwangi tidak berpuas diri atas prestasi yang telah diraih. Akan tetapi akan terus menggali potensi daerah yang ada demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tiga event yang pernah masuk dalam Calendar of Event Wonderfull Indonesia masih akan memeriahkan rangkaian festival tahun ini. Diantaranya Gandrung Sewu, Banyuwangi Ethno Carnival, dan International Tour De Banyuwangi Ijen yang selalu mengundang banyak wisatawan untuk datang ke Banyuwangi.

jadwal-banyuwangi-festival-2020
Jadwal Banyuwangi Festival 2020

30 Event Baru Yang Belum Pernah Ada Sebelumnya

Kuantitas event yang bertambah tidak berarti kualitasnya akan menurun. Karena Banyuwangi mempunyai begitu banyak potensi daerah dan sebagiannya baru sempat digarap pada tahun ini.

Tahun ini kita akan menyaksikan event yang yang belum pernah ada pada tahun-tahun sebelumnya. Contohnya Women Cycling Chalenge, Wongsorejo Corn Festival, Decoration Vehicle, Scout Lampion, dan banyak lagi.

Jika sebelumnya festival bertema kopi hanya diadakan di Desa Kemiren, tahun ini festival kopi juga akan ada di Malangsari. Sebuah daerah perkebunan di Banyuwangi bagian barat milik PT. Perkebunan Nusantara XII yang merupakan penghasil kopi terbaik. Salah satu produk andalannya adalah kopi lanang yang telah banyak diekspor ke Eropa.

Selain itu, sebagian event adalah inisiatif dari masyarakat yang ingin turut serta berpartisipasi mengembangkan daerahnya. Hal ini tentu akan membuat festival tahun ini lebih kreatif dan lebih variatif.

Masih ada lagi event baru yang bertaraf internasional yaitu World Surf League Championship Tour dan Banyuwangi International Geopark Walk. Dua event ini diharapkan dapat mengundang wisatawan mancanegara lebih banyak lagi untuk mengunjungi Banyuwangi.

Baca JugaThemepark Banyuwangi Akan Jadi Tempat Liburan Terbaru Tahun Ini

Mengangkat Tema Masakan Lokal Lebih Banyak

Belasan festival kuliner akan menghiasi rangkaian Banyuwangi Festival 2020. Seperti Oling River Food yang akan mengangkat tema olahan ikan sidat yang telah berhasil menembus pasar Jepang.

Juga ada Arabian Food Festival yang sebelumnya juga sudah diadakan setiap hari Kamis di lingkungan Kampung Arab, Kelurahan Lateng, Banyuwangi. Setiap sore tempat ini menjadi jujugan bagi para pecinta kuliner khas timur tengah.

Masih ada lagi Banyuwangi Culinary Festival, Muncar Food Festival, Alas Purwo Food Festival, Banyuwangi Food Festival, Festival Doyan Makan Ikan, Marina Food Festival, Osing Food Festival, dan Millenial Food Festival.

Tak ketinggalan juga festival kuliner yang dipadu dengan budaya, yaitu Tumpeng Sewu. Event yang tiap tahun digelar di Desa Kemiren ini memang tidak pernah sepi pengujung.

Jika sebelumnya belum pernah mengunjungi event ini, ada baiknya segera Anda rencanakan dari jauh hari. Agar tahu kenapa acara ini selalu disematkan dalam Banyuwangi Festival setiap tahun.

Sport Tourism Akan Menjadi Magnet Besar Bagi Turis Mancanegara 

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, sport tourism telah menjadi agenda wajib Banyuwangi Festival. Karena telah terbukti banyak mendongkrak destinasi-destinasi pariwisata yang ada di Banyuwangi.

Lihat saja pada event International Tour De Banyuwangi Ijen yang akan diselenggarakan pada tanggal 25-28 Oktoner 2020. Sebuah ajang balap sepeda yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara.

Garis start dan fisnish serta rute yang akan dilewati adalah tempat-tempat wisata. Secara otomatis media international akan meliput event tersebut dan secara tidak langsung akan menjadi media promosi bagi Pariwisata Banyuwangi.

Apalagi tahun ini Banyuwangi dipercaya menjadi tuan rumah pada event World Surf League Championship Tour. Liga selancar tingkat dunia yang akan diadakan di pantai G-Land yang dikenal sebagai salah satu lokasi selancar terbaik di dunia.

Dan tentu masih banyak event-event lainnya yang tak kalah seru. Hanya di Banyuwangi. Spesial di hati.








Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda